Tips Memilih Kursi Duduk yang Aman di Bus Pariwisata

Mendapat kenyamanan merupakan sesuatu yang selalu diinginkan oleh penumpang bus, baik saat memesan tiket, saat perjalanan, bahkan memilih kursi bus. Nah, memilih tempat duduk juga dapat menentukan kenyamanan ketika naik bus. Terlebih lagi biasanya bepergian dengan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang bisa menghabiskan waktu tidak sebentar. Contohnya, untuk menempuh jarak Jakarta-Semarang bisa memakan waktu 6 – 8 jam, belum lagi perjalanan antar luar pulau yang dapat memakan waktu lebih lama di dalam bus. Sehingga, memilih tempat duduk dapat menjadi sebuah solusi kenyamanan perjalanan menggunakan bus.

Saat berada di dalam bus, memilih kursi yang tepat bisa membuat perjalanan penumpang menjadi lebih nyaman dan bisa untuk istirahat. Namun, bagaimana tips memilih kursi bus yang nyaman dan aman? Ketika melakukan perjalanan dengan bus, kenyamanan dan keamanan penumpang merupakan hal yang sangat penting. Pemilihan kursi yang tepat tentu saja bisa menjadikan perjalanan menjadi terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Tips Memilih Tempat Duduk Bus yang Aman dan Nyaman di Bus Pariwisata

1. Pilih Kursi di Tengah Bus

Kursi yang berada di tengah bus biasanya memberikan kestabilan yang lebih baik selama perjalanan. Hindari memilih kursi di dekat roda atau di bagian belakang yang dapat menghasilkan getaran dan membuat tidak nyaman selama berkendara. Memilih kursi di tengah bus akan memberikan penumpang perasaan yang lebih stabil dan mengurangi risiko mabuk perjalanan.

2. Pilih Kursi Dekat dengan Driver

Jika duduk tepat di belakangnya, kita dapat memperingatkan sopir untuk berhati-hati kalau bus melaju terlalu cepat. Posisi duduk ini juga dianggap paling aman. Karena kalau terjadi kecelakaan, biasanya sopir berusaha menyelamatkan penumpang yang berada paling dekat dengan dirinya. Keuntungan lainnya, kita bertanya “sudah sampai mana?” dengan gampang kepada sang sopir.

Baca Juga:  Tips Mengatasi Kebosanan ketika Menunggu Bus

3. Pilih Kursi di Deretan Tengah

Guncangan roda paling terasa di bagian depan dan belakang bus. Jadi kalau duduk di bagian tengah, kita bakal merasa lebih nyaman. Posisi ini cocok untuk orang yang gampang mabuk darat. Para penumpang juga bisa tidur dengan nyenyak di bagian tengah karena guncangan rodanya nggak terlalu terasa. Tertarik sewa bus pariwisata? Silahkan sewa bus Jogja disini.

4. Hindari Kursi di Dekat Toilet

Meskipun kursi di dekat toilet mungkin terlihat nyaman karena akses yang mudah, namun sering kali ada bau dan kebisingan yang tidak menyenangkan.
Selain itu, penumpang yang menggunakan toilet dapat mengganggu kenyamanan penumpang. Lebih baik memilih kursi yang jauh dari area toilet untuk mendapatkan pengalaman perjalanan yang lebih baik.

5. Hindari Kursi Paling Depan atau Paling Belakang

Tentunya kita nggak berharap bakal terjadi kecelakaan selama bepergian dengan bus. Namun apa salahnya berhati-hati? Sebaiknya hindari kursi paling depan dan belakang. Sebab biasanya, tabrakan terjadi di bagian tersebut. Penumpang yang duduk di sana pun lebih rawan menjadi korban. Kalau duduk di kursi paling depan, kita memang bisa melihat pemandangan dengan leluasa. Namun untuk sebagian orang, posisi ini justru membuat kepala pusing karena terus-menerus melihat pemandangan dalam skala besar. Kalau kamu termasuk orang yang gampang pusing, hindarilah posisi ini~

6. Pilih Kursi dengan Ruang Kaki yang Cukup

Ruang kaki yang terbatas dapat membuat perjalanan penumpang menjadi tidak nyaman, terutama jika penumpang memiliki kaki yang panjang.
Sebaiknya pilih kursi yang memiliki ruang kaki yang cukup untuk memberikan kenyamanan saat penumpang dapat meregangkan kaki penumpang selama perjalanan.

7. Perhatikan Jendela dan Ventilasi

Jika penumpang menyukai pemandangan saat perjalanan, pilihlah kursi yang berdekatan dengan jendela. Dengan begitu, penumpang dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan. Selain itu, pastikan ada ventilasi yang baik di sekitar kursi penumpang, seperti ventilasi AC atau jendela yang dapat dibuka, untuk memastikan kenyamanan udara selama perjalanan.

Baca Juga:  Tips Naik Bus Antar Kota Untuk Pemula

8. Pertimbangkan Keamanan

Selain kenyamanan, pastikan juga untuk mempertimbangkan faktor keamanan. Pilihlah kursi yang berada di area yang mudah dijangkau oleh petugas keamanan atau petugas darurat jika terjadi keadaan darurat.

Nah itu adalah tips memilih tempat duduk yang aman di bus pariwisata. Tips ini bisa juga diterapkan pada angkutan bus umum.

Website resmi : https://sewabusjogja.co.id/