Tips Naik Bus Antar Kota Untuk Pemula

Bus adalah salah satu moda transportasi yang terjangkau dan mudah dengan tujuan yang dapat Anda sesuaikan. Untuk melakukan perjalanan jauh, Anda dapat memakai bus antar kota antar provinsi. Bus AKAP masih menjadi pilihan untuk para penumpang yang mau bepergian melalui jalur darat. Di samping itu harga tiket yang bersahabat, bus selalu menjadi pilihan sebab waktunya lumayan mudah dibandingkan menggunakan kereta.

Penumpang juga dapat memilih tipe bus yang mereka inginkan untuk dapat menikmati fasilitas yang tersedia. Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus Anda pahami, khususnya untuk Anda yang pertama kali naik bus AKAP.

Terdapat beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar perjalanan lebih aman dan nyaman.

Mengetahui Lokasi PO Bus yang Digunakan

Sebelum memilih bus, disarankan untuk dapat mengetahui lokasi Perusahaan Otobus (PO) yang akan Anda pilih. Lakukanlah riset kecil-kecilan terkait PO atau jadwal keberangkatan bus tujuan Anda.

Anda dapat menanyakan lewat nomor kontak resmi, lewat website bus atau medsos resminya serta dapat bertanya langsung ke agen resmi atau pool. Kalau Anda memakai aplikasi pembelian tiket bus, pilihlah bus yang Anda ketahui.

Selalu Waspada dalam Berbagai Situasi

Saat memakai moda transportasi apa saja termasuk bus, Anda harus selalu dalam kewaspadaan. Apalagi, untuk Anda yang baru pertama kali naik bus, jangan pasang wajah bingung dan gelisah karena dapat menjadi celah bagi para oknum kejahatan untuk beraksi. Momen ini juga dapat dimanfaatkan bagi calo untuk menawarkan jasa yang mungkin memasang harga yang lebih tinggi dari normalnya.

Sebaiknya Anda tetap tenang dan berada di lokasi yang ramai, seperti warung atau tempat menunggu bus. Anda juga dapat mencari petugas berwenang kalau mau memastikan jadwal pemberangkatan Anda atau bus mana yang harus Anda naiki.

Baca Juga:  Mengapa Memilih Bus Non AC? Keuntungan dan Kekurangannya

Membawa Barang Seperlunya

Membawa barang terlalu banyak ketika bepergian keluar kota maupun keluar provinsi adalah hal yang sebaiknya Anda hindari. Di samping membuat sulit terutama bagi Anda sendiri, hal ini juga dapat menjadi penyebab terjadinya kejahatan di dalam terminal.

Bawalah barang secukupnya yang memang Anda rasa perlu untuk menunjang kebutuhan Anda di kota tujuan. Kalau memang perlu membawa banyak barang, Anda sebaiknya tak bepergian sendiri. Anda juga dapat memisahkan barang berharga Anda di tas yang lain. Usahakan juga tidur bergantian sehingga tetap ada yang menjaga barang bawaan.

Membaur dengan Penumpang Lain

Kalau Anda bepergian sendirian dan memilih tipe kursi dengan konfigurasi bus 2-2, Anda kemungkinan besar akan bertemu dengan penumpang lain. Nah, karena perjalanan menggunakan bus AKAP merupakan perjalanan yang agak lama, sebaiknya Anda berkenalan atau berbaur dengan penumpang lain.

Karena, menunggu di dalam atau di luar bus bersama penumpang lain jauh lebih aman dibandingkan menunggu di tempat asing. Walaupun begitu, sebaiknya Anda juga harus selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan orang lain.

Memilih Tempat Duduk yang Sesuai

Kalau memiliki dana lebih, Anda juga dapat memilih bus mewah yang menawarkan privasi dan kenyamanan yang lebih. Anda juga bisa memilih tempat duduk yang membuat Anda nyaman di perjalanan.

Jika Anda ingin menikmati perjalanan, kursi di dekat jendela merupakan solusi pilihan yang tepat. Sementara itu, untuk Anda yang mau beristirahat, kursi di bagian tengah dapat jadi pilihan karena jarang adanya goncangan.

Mengetahui Titik Turun pada Kota Tujuan

Sebelum membeli tiket, tentukan dulu Anda mengetahui titik turun di tempat tujuan. Misalkan, sama-sama tujuan Jakarta, pastikan Anda dapat turun di tempat terdekat dari tujuan Anda. Dengan mengetahui titik turun akan memudahkan Anda saat memesan tiket.

Baca Juga:  Tips Jalan-jalan Naik Bus Tingkat Gratis Solo